Tuesday, February 25, 2020

Contoh Anggaran Dasar Keorganisasian Berbasis Ikatan Keturunan




PEMBUKAAN :
            Bahwa Pratisentana merupakan suatu fakta sejarah yang tidak dapat dipungkiri keberadannya, perlu dikenal dan dihayati, dibina dan dikembangkan dalam suatu wadah kekeluargaan.
            Pengenalan dan penghayatan terhadap sejarah leluhur akan menimbulkan perhatian, kecintaan dan kebhaktian terhadapnya, serta diharapkan dapat menarik suatu pelajaran dari hal-hal yang baik untuk dijadikan pedoman hidup bagi generasi penerusnya.
            Dengan mengenal hubungan asal-usul dalam bentuk silsilah menurun dan kesamping, hubungan yang erat antara Pratisentananya akan dapat dipelihara, yang selanjutnya akan memungkinkan untuk menggalang serta menegakkan persatuan dan kesatuan serta untuk memudahkan pencapaian tujuan bersama.
            Berkenaan dengan itu maka untuk dapat mewujudkan hal-hal seperti diuraikan di atas dan mengingat jumlah Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin yang semakin bertambah, maka dirasakan perlunya untuk membentuk suatu wadah sebagai forum komunikasi yang merupakan wahana untuk mencapai tujuan dimaksud.
            Berhubung dengan itu dan atas Asung Kerta Wara Nugraha Ida Sanghyang Widi Wasa, maka dibentuklah suatu wadah kekeluargaan yang diberi nama : PASEMETONAN PRATISENTANA SIRA ARYA KUBONTUBUH-KUTHAWARINGIN


BAB I
KETENTUAN UMUM

Pasal 1
Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin ialah setiap orang yang berdasarkan sejarah adalah keturunan Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin dan menyungsung Pura Dalem Tugu Gelgel - Klungkung sebagai Pura Kawitan / Padharmannya, selanjutnya disebut dengan warga .

Pasal 2
Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin membentuk  Organisasi Wadah Kekeluargaan dengan nama Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin yang selanjutnya diatur dalam Anggaran Dasar ini.

BAB II
SIFAT ORGANISASI

Pasal 3
Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin adalah Organisasi Kekeluargaan yang dibentuk sebagai wadah komunikasi dalam  usaha meningkatkan pengabdian dan dharma bhakti terhadap leluhur.

BAB III
ASAS DAN TUJUAN

Pasal 4
Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin berasaskan pada ajaran Hindu Dharma.

Pasal 5
Pasemetonan  Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin bertujuan :
1.    Meningkatkan dan mempererat hubungan kekeluargaan diantara sesama keturunan Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin;
2.    Memelihara persatuan dan kesatuan warga dalam usaha meningkatkan Pengabdian dan dharma bhakti terhadap leluhur;
3.    Membina dan mengembangkan partisipasi warga dalam pembangunan pisik dan mental dalam usaha meningkatkan pengabdian dan dharma bhakti terhadap leluhur.


BAB IV
SUSUNAN ORGANISASI

Pasal 6
(1) Jenjang Kepengurusan Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin terdiri dari empat tingkatan, sebagai berikut:
  1. Pengurus Pusat Pasemetonan Pratisentana sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin;
  2. Pengurus Kabupaten/Kota/Cabang Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh- Kuthawaringin;
  3. Pengurus Kecamatan Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin;
  4. Pengurus Dadia Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin.

(2) Pengurus Cabang Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin, dibentuk khusus untuk kota-kota yang berada di luar Pulau Bali.

Pasal 7
(1) Segala Keputusan yang menyangkut kewajiban dan hak bagi warga diputuskan melalui musyawarah dalam suatu pesamuan yang diselenggarakan pada masing-masing jenjang kepengurusan.
(2) Tempat dan tata cara penyelenggaraan pesamuan diatur di dalam Anggaran Rumah Tangga Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin.

Pasal 8

(1) Pesamuan Pusat Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin merupakan lembaga musyawarah tertinggi;
(2) Pesamuan Pusat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diselenggarakan sekurang-kurangnya sekali dalam satu tahun.


BAB V
SUMBER KEUANGAN

Pasal 9
(1) Sumber Keuangan Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin diperoleh dari iuran warga, sumbangan-sumbangan yang tidak mengikat, dan sumber-sumber lain yang sah dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
(2) Tata cara perolehan dan pengelolaan keuangan diatur secara tersendiri di dalam Anggaran Rumah tangga Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubontubuh-Kuthawaringin.

BAB VI
PERUBAHAN ANGGARAN DASAR

Pasal 10
(1)  Bila terjadi  Perubahan   keadaan   yang   mendasar   dapat   dilakukan   Perubahan
      Anggaran Dasar.
(2)  Perubahan   Anggaran   Dasar   sebagaimana   dimaksud   dalam   ayat  (1),   dapat
      dilakukan melalui Ketetapan Pesamuan Pusat.




No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *