Tuesday, February 25, 2020

Contoh AD ART KPP | Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat Program


PNPM PISEW  adalah Program yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat yang melaksanakan kegiatan perencanaan, pelaksanaan sampai pada pemeliharaan dilakukan masyarakat. 

Pada saat pelaksanaan fisik berjalan dalam program PNPM-PISEW harus dibentuk didesa Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP). Tapi selama ini KPP didesa yang telah dibentuk banyak yang belum berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh program. Terutama pada KPP yang bersifat pembangunan Jalan, Jembatan dan Saluran Drainase Badan Jalan dan lain-lain. 

Sedangkan KPP pada kegiatan Air Bersih pada umumnya berjalan sesuai yang diharapkan PNPM-PISEW. Untuk meningkatkan kenerja KPP di desa hendaknya KPP ini dibuatkan bentuk Organisasi/Kelompok Masyarakat yang mempunyai Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) yang difasilitasi oleh FK dan Ttl di desa. Agar lebih kuat menjalankan AD dan ART didesa harus disetujui oleh Kepala Desa dan disyahkan oleh Camat.

Dalam AD dan ART KPP tertuang aturan-aturan yang harus disepakati oleh masyarakat pada waktu pembentukannya yang difasilitasi oleh FK dan Ttl didesa. Aturan-aturan yang perlu sebagai contoh disepakati antara lain :

1.    Terpilihnya Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Anggota KPP.

2.    Sistem pergantian pengurus sekali berapa tahun.

3.    Disepakati bila ada iuran/pengutipan dana pada anggota, sekali sebulan atau persemester atau pertahun. Berapa besarannya.

4.    Mempunyai pembukuan yang transparan.

5.    Setiap pertemuan pembukuan difhotocopy sebanyak anggota dan dibagikan ke seluruh anggota.




















No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *